Wednesday 23 October 2019

Antisosial tidak sama dengan introvert

Ciri kepribadian introvert sering diasumsikan sebagai sifat pemalu, fobia sosial, atau bahkan menghindar dari situasi sosial. Namun jangan salah. Banyak introvert yang bisa bersosialisasi dengan mudah; mereka hanya lebih nyaman jika sedang tidak bersosialisasi.
Orang introvert juga cenderung lebih banyak menggunakan lobus frontalis, yaitu bagian otak yang bertugas merencanakan, memikirkan penyelesaian masalah, serta mengingat. Seseorang yang introvert bukannya takut dengan aktivitas sosial, tapi mungkin terlihat demikian karena mereka cenderung memproses sesuatu secara internal dan berpikir terlebih dulu sebelum bicara.
Singkatnya, ansos dengan introvert adalah dua istilah dalam dunia psikologi yang sama sekali berlawanan.
Penting untuk memahami bahwa intovert hanyalah ragam tipe kepribadian, dan sama sekali bukan gangguan kepribadian. Ini merupakan hasil bentukan dari berbagai macam faktor, baik internal maupun eksternal.

Jadi, antisosial itu apa?

Gangguan kepribadian adalah sebuah kondisi yang terbentuk dari pengalaman pribadi dan perilaku menyimpang, biasanya gejala awal terlihat di usia remaja atau dewasa muda, bersifat stabil dari waktu ke waktu, dan mengarah pada penderitaan atau kecacatan personal.
Gangguan kepribadian merupakan kondisi kesehatan mental serius yang memengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasakan, menerima gagasan, atau berhubungan dengan orang lain.
Gangguan kepribadian antisosial ditandai dengan pola perilaku yang eksploitatif, penuh tipu muslihat, mengabaikan hukum, melanggar hak orang lain, serta kasar (cenderung kriminal), tanpa motif yang jelas atau logis. Orang yang mengidap gangguan antisosial akan memiliki riwayat masalah perilaku pada masa kanak-kanak, seperti membolos, melanggar norma (misalnya, melakukan kejahatan atau penyalahgunaan zat), dan perilaku merusak atau agresif lainnya.
Tingkat keparahan gejala antisosial dapat bervariasi. Pola perilaku yang terlihat sangat berbahaya, kejam, dan mengerikan mengacu pada gangguan psikopatik atau sosiopatik. Masih terdapat banyak perdebatan mengenai keakuratan deskripsi dari keduanya, namun perilaku sosiopatik ditandai oleh hati nurani yang cacat; tahu benar dan salah tapi mereka mengabaikannya. Sementara seorang psikopat ditandai dengan minimnya nurani (atau, tidak ada sama sekali).
Karena kecenderungan manipulatif ini, akan sulit bagi orang awam untuk bisa membedakan mana yang jujur atau tidak dari setiap perkataan mereka.

Apa bedanya antisosial dengan asosial?

Di sisi lain, asosial adalah disfungsi kepribadian yang ditandai dengan menarik diri dan menghindar secara sukarela terhadap interaksi sosial apapun. Seorang asosial cenderung tidak mempedulikan orang lain, kadang kasar.
Asosial berbeda dari perilaku antisosial, di mana antisosial menyiratkan perilaku membenci orang lain atau antagonisme terhadap orang lain maupun tatanan sosial umum. Sifat asosial sering terlihat pada beberapa orang introvert, namun asosialitas yang ekstrem biasanya timbul pada orang-orang yang mengalami berbagai kondisi klinis tertentu, seperti gangguan bipolar, autisme, skizofrenia, depresi, sindrom Asperger, dan social anxiety disorder.



0 comments:

Post a Comment